Berusia 4.800 Tahun, Misteri Lingkaran Batu Langka yang Ditemukan di Inggris Terungkap, dengan Formasi Tapal Kuda Bengkok, Apakah Berfungsi sebagai Situs Keagamaan?

Berusia 4.800 Tahun, Misteri Lingkaran Batu Langka yang Ditemukan di Inggris Terungkap, dengan Formasi Tapal Kuda Bengkok, Apakah Berfungsi sebagai Situs Keagamaan?

Henge berbentuk cincin menghiasi pedesaan Inggris, dan membingungkan para arkeolog selama bertahun-tahun.

Untuk apa itu digunakan, apakah berfungsi sebagai situs keagamaan atau memiliki tujuan yang lebih duniawi?

Penemuan lingkaran batu langka di henge prasejarah di Cornwall menimbulkan pertanyaan para arkeolog, dan memperdalam pemahaman para peneliti tentang situs-situs ikonik itu.

The Guardian melaporkan bahwa upaya konservasi oleh komisi pemerintah, Historic Englan, mengungkapkan lubang batu tersebut dalam ‘formasi tapal kuda yang bengkok’ di Castilly Henge.

Penelitian di Henge Neolitik Akhir dimulai pada tahun 2021 setelah vegetasi yang ditumbuhi dihilangkan dari situs, ini untuk memungkinkan para peneliti melihat lebih dekat.

Menurut BBC News, para ilmuwan menggunakan radar penembus tanah dan teknik lain untuk menemukan lingkaran yang sebelumnya tak terlihat dengan tujuh titik tempat batu berada.

Mungkin ada lebih banyak lubang dengan jarak teratur yang jika digabungkan dengan yang lain, dapat membentuk oval lengkap.

Namun, para ilmuwan tidak dapat memeriksa area utara situs secara memadai karena kondisi tanah.

Berdasarkan lubang ditemukan, para peneliti percaya bahwa beberapa batu akhirnya dikeluarkan dan dibawa pergi, sementara yang lain menghadap ke bawah ke dalam lubang mereka sendiri.

Arkeolog senior Unit Arkeologi Cornwall, Peter Dudley, mengatakan, bahwa 13 relawan memberikan 111 jam waktu mereka untuk membersihkan pakis dan semak belukar yang menutupi henge.

“Sekarang monumen itu terlihat jauh lebih baik,” kata Dudley.

Henge berbentuk oval dengan panjang 68,58 m dan lebar 62,48 m dan berasal dari periode Neolitik akhir, sekitar 2.700 SM.

Pada saat itu dalam sejarah Inggris, penduduk pulau itu telah menguasai biji-biji pertanian dan mulai menyempurnakan budaya mereka.

Menggunakan batu api sebagai senjata dan peralatan mereka, mereka membangun monumen seperti pagar dan mendirikan ritual pemakaman.

Meskipun tidak jelas secara spesifik tentang ritual tersebut, namun para ahli berpendapat bahwa henge tersebut berfungsi sebagai tempat untuk berkumpul atau tujuan ritual.

Dalam beberapa tahun terakhir, menurut Guardian, mungkin saja Castilly Henge digunakan sebagai teater di Abad Pertengahan dan sebagai sarang senjata selama Perang Saudara Inggris.

Menurut English Heritage, kurang dari 100 henge Inggris dan Irlandia bertahan hingga hari ini, meskipun sangat mungkin sebelumnya ada lebih banyak.

Baan tersebut menulis bahwa engsel Neolitik dan Zaman Perunggu umumnya memiliki lebar antara 19,81 dan 100,58 meter dan dicirikan oleh tepi luar berbentuk cincin dan parit dalam.

Henge dengan batu masih lebih jarang, di antaranya adalah Stripples Stone di Cornwall dan Stonehenge yang terkenal di Wiltshire, meskipun para arkeolog berpendapat itu bukan henge secara teknis karena paritnya terletak di luar tepiannya.

Salah satu kejaiban besar dunia kuno adalah fakta bahwa di era sebelum kendaraan bermotor atau peralatan modern, individu prasejarah tetap berhasil menempatkan batu besar, yang dikenal sebagai megalit, ke posisi untuk membuat cincin batu.

Dalam kasus Stonehenge, beberapa batu memiliki berat hingga 40 ton dan diangkut dari sumber lokal hingga jarak 30 mil.

Ilmuwan modern percaya bahwa orang-orang kuno akan memindahkan batu-batu ini melalui kereta luncur, mungkin dilumuri dengan lemak babi dan dipasang pada rol atau rel. Untuk memindahkan satu batu bisa membutuhkan sebanyak 150 orang.

Historic England berkomitmen untuk memperbaiki dan melestarikan ribuan tempat dalam daftar bersejarah yang berisiko, di antaranya lebih dari 2.000 situs arkeologi.

Castilly Henge tidak lagi ditutupi dengan pertumbuhan berlebih, namun penambahan pagar di situs juga akan memungkinkan petani yang memiliki tanah itu menggembalakan hewannya lagi.

“Penelitian di Castilly Henge telah memberi kami pemahaman yang lebih dalam tentang kompleksitas situs ini dan pentingnya sejarah Cornish selama ribuan tahun,” Ann Preston-Jones, petugas proyek untuk situs warisan berisiko dengan Historic England

“Ini akan membantu kami membuat keputusan tentang cara monumen dikelola dan disajikan, sehingga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *