Misteri Pembangunan Piramida Mesir Terungkap, Ternyata Begini Cara Mengangkut Materialnya

Misteri Pembangunan Piramida Mesir Terungkap, Ternyata Begini Cara Mengangkut Materialnya

Para peneliti telah menemukan cabang Sungai Nil yang sekarang mengering, yang muncul tepat di kompleks piramida besar Giza sekitar 4.500 tahun yang lalu. Business Insider pada Jumat (2/9/2022) melaporkan temuan tersebut, yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences pada Senin (29/8/2022).

Studi tersebut menjelaskan bagaimana orang Mesir kuno mampu mengangkut jutaan blok bangunan hingga berton-ton ke situs piramida ikonik, lebih dari empat mil dari apa yang sekarang menjadi lanskap gurun. “Tidak mungkin membangun piramida di sini tanpa cabang Sungai Nil ini,” kata penulis studi dan ahli geografi Hader Sheesh, kepada The New York Times.

Misteri 4.500 tahun

Piramida di Giza, di pinggiran Kairo, berfungsi untuk menunjukkan kekuatan firaun di zaman keemasan Mesir.

Keajaiban arsitektur berusia 4.500 tahun itu sampai saat ini masih membingungkan para ilmuwan, mengingat ukurannya yang luar biasa, dengan geometri yang sempurna, dan dihiasi dengan dekorasi yang rumit.

Situs ini terdiri dari tiga piramida dan Sphinx Agung Giza, dibangun sebagai makam yang penuh hiasan dan menakjubkan untuk firaun Khufu, Khafre, dan Menkaure antara sekitar 2560 SM dan 2540 SM.

Piramida Khufu, yang dikenal sebagai Piramida Besar, adalah yang pertama dibangun dan terbesar dari ketiganya. Itu terdiri dari sekitar 2,3 juta balok batu kapur dan granit.

Setiap balok memiliki berat antara 2,5 dan 15 ton, menurut National Geographic dikutip dari Insider. Piramida Besar adalah yang tertua dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang terkenal dan satu-satunya yang sebagian besar tetap utuh.

Tingginya sekitar 481 kaki (146,609 meter), menjadikannya struktur buatan manusia tertinggi di dunia selama hampir 4.000 tahun. Namun Sungai Nil berjarak sekitar empat mil di sebelah timur piramida.

Oleh karena itu para ilmuwan dan arkeolog telah lama mempertanyakan bagaiaman cara pembangun pada saat itu mengangkut balok-balok besar ke situs pembangunan piramida itu.

Penemuan dasar sungai

Para ilmuwan sudah mengira orang Mesir mungkin telah membawa batu-batu itu ke situs itu melalui air. Sebuah papirus yang ditemukan pada 2013 menunjukkan lokasi pelabuhan kuno di dekat Laut Merah di mana batu-batu itu dimuat, menunjukkan bahwa orang Mesir tahu cara memindahkan balok-balok itu di sepanjang sungai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *