Ilmuwan Temukan Gelombang Panas Misterius di Dasar Laut

Ilmuwan Temukan Gelombang Panas Misterius di Dasar Laut

Misteri Dunia. Selama ini para ilmuwan berpikir bahwa gelombang panas yang dimiliki laut hanya terdapat di permukaan saja. Tetapi ada penelitian baru yang menjelaskan keberadaan gelombang panas yang ternyata turut menyebar hingga ke dasar laut.

Setelah menghabiskan dekade terakhir untuk berfokus mengamati dan meneliti gelombang panas yang ada di permukaan laut, akhirnya kini ilmuwan mulai berfokus pada gelombang panas yang menyebar melintasi kedalaman laut. Fokus baru para ilmuwan ini merupakan studi penting yang harus dipecahkan karena perubahan suhu laut dapat mendorong pada fenomena kepunahan hewan.

Tahun 2013 silam, “The Blob” gelombang panas laut yang muncul di lepas pantai Alaska menyebar jauh hingga ke selatan meksiko. Gelombang ini bertahan lebih lama dari prediksi para ilmuwan yang menyebabkan kehancuran satwa di laut dan bahkan memicu pengembangbiakan bunga alga beracun. Pada saat itu para ilmuwan masih tidak menyadari gelombang panas yang menyebar melalui dasar lautan.

Dilansir dari BGR, Selasa (4/4), kini Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) telah menciptakan model baru yang mampu memperhitungkan gelombang panas di sepanjang dasar lautan juga, tidak hanya di permukaan laut saja. Namun, jauh lebih sulit untuk memantau suhu di bawah laut karena perlunya peralatan yang dapat mendeteksi perubahan suhu per menit sambil bertahan dari tekanan kedalaman laut juga.

Penelitian baru ini mengungkap gelombang panas yang ditemukan di kedalaman laut bertahan lebih lama daripada The Blob yang ada di permukaan.

Jika The Blob saja mampu menyebabkan malapetaka sebesar itu ketika terjebak lebih lama dari prediksi ilmuwan, bayangkan kerusakan apa yang dapat disebabkan oleh gelombang panas besar-besaran di dasar laut jika tidak terkendali dan tidak disadari manusia. Dampaknya mungkin terlihat di seluruh dunia, tetapi umat manusia tidak akan tahu apa penyebabnya.

Sekarang, berkat model baru, para ilmuwan akhirnya akan memiliki sedikit lebih banyak gagasan tentang apa yang terjadi di bawah sana. Tentu masih banyak yang perlu diteliti karena misteri bawah laut begitu sulit terungkap, belum lagi temuan makhluk aneh penghuni dasar laut.

Namun kini ilmuwan tengah mengusahakan fokusnya untuk terus memantau gelombang panas yang muncul di dasar laut untuk menghindari fenomena alam yang mungkin akan merugikan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *