Misteri Dark Star Gua Megah Di Uzbekistan

Misteri Dark Star Gua Megah Di Uzbekistan

Sebuah gua misterius yang dinamakan Dark Star, ‘bersembunyi’ di perut bumi Uzbekistan. Gua ini memiliki kedalaman lebih dari 900 meter.
Melansir detikInet, Dark Star adalah nama sistem gua di Pegunungan Boysuntov, Uzbekistan, sekitar 350 kilometer dari ibu kota Tashkent, dekat desa Boysun. Gua ini memiliki tujuh pintu masuk.

Pintu masuk pertama ditemukan orang Rusia pada 1984, tapi baru tahun 1990, penjelajah gua Inggris menjelajahinya. Namanya diambil dari film tahun 1974 dengan judul yang sama.

Pada Maret 2017, tempat ini telah dieksplorasi delapan ekspedisi berbeda, dengan lebih dari 17 kilometer lorong ditemukan, dengan perkiraan kedalaman lebih dari 900 meter. Tetapi diestimasi gua ini sebenarnya lebih dalam dari itu, bahkan ada yang menjulukinya Everest bawah tanah.

Para ahli yakin masih banyak hal yang perlu dijelajahi dan ditemukan di kedalaman tersembunyi Dark Star. Mungkin suatu hari nanti gua ini akan mengambil alih gelar gua terdalam di dunia dari pemiliknya saat ini, Gua Veryovkina dengan kedalaman 2.212 m di Georgia.

“Sistem gua ini belum sepenuhnya dipetakan, sebagian karena lokasinya yang terpencil di wilayah yang politiknya tidak stabil dan juga karena luasnya membutuhkan kemampuan teknis canggih dan banyak peralatan. Sebagian ekspedisi kekurangan tali,” tulis National Geographic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *